Catatan Terakhir

Aku tahu ketika aku menuliskan ini, engkau tengah menikmati hari bahagiamu. Dan aku juga tahu salah satu orang yang tak pernah engkau harapkan datang hadir di hari bahagiamu itu adalah aku,”

Terima kasih engkau”, terima kasih telah lupa dengan diriku, pura-pura melupakanku bahwa di semesta pikiranmu pernah ada aku, sekarang aku cuma bisa berkata kepadamu” semoga engkau bahagia dengan semua itu.

Aku yang terlupankan.

engkau, lama tak ada tulisan tentangmu.

Tak seperti dulu

dulu, hampir setiap waktu, selalu ada kata untukmu.

Apa kabarmu sekarang?…

Ah basi ya? Biarlah, aku hanya ingin mengulang kembali kebiasaan lamaku, sekedar megalirkan metafor basa-basi menyapamu, seperti orang ketemu, bertanya kabar meskipun tak mau tahu dengan kabar yang ditanyakan itu,…ah basa-basi bagiku.

Tapi, kali ini agak lain basa-basiku tidak hanya itu.

Coba dengarkanlah aku.

Tuhan, apakah sinyalmu tidak cukup kuat menerima SMS yang telah aku kirimkan Kepadamu?

Ataukah, mungkin jaringanmu sedang sibuk megurus pesan-pesan lain yang lebih penting dari pesanku itu?

Tuhan apakah karena hanya aku memakai kartu perdana murahan, dan handphone monophonik sehinggga SMSku tak sampai Kepadamu?.

Ataukah nomor pusat servis pesanku keliru sehingga salah sambung pesanku entah kemana?.

Tuhan, katanya servisMu 24 jam online tanpa henti, tapi mengapa SMSku tak juga Engkau Balas?.

Padahal aku juga sudah kirimkan SMSku di saat diskon specialmu, yakni di sepertiga malam-Mu karena aku yakin tak banyak orang yang menghubungi atau berkirim pesan kepada-Mu. Tapi mengapa sampai detik ini menunggu tak juga Engkau balas SMSku, padahal aku menunggu Tuhan.

Tuhan,apakah aku salah kirim ke nomor yang lain?

Tapi kurasa benar,sebab di ktab keabadian warisan nabi-Mu sudah kubaca benar itu nomor-Mu,Tuhan.

Tapi mengapa engkau tak segera membalas SMSku Tuhan,padahal aku menunggu.

Kalau aku harus menelepon,sayang aku tak punya cukup pulsa untuk itu. Dan seandainyapun ada aku kuatir Engkau tak mau terima teleponku, karena Engkau tahu aku banyak salah dan kilaf kepada-Mu.

Sekali-kali SMS aku dong Tuhan. Aku akan sangat senang jika ada pesan khusus dari-MU. Aku akan melonjak-lonjak girang dan tanpa lama ku balas ‘ Terima kasih Tuhan’ kontan.

Namun mengapa Tuhan tak kunjung kau balas pesanku?

Padahal aku cuma ingin tahu Tuhan,apakah benar kabar yang akau dengar itu, apakah benar ini hari kebahagianya (untuk seseorang di jauh sana), namun mengapa tak ada pemberitahuan dan undangan darinya.dan apakah benar orang yang tak pernah di harapakan datang adalah ‘Aku”. Kalau memang iya Tuhan tolong sampaikan kataku ”Semoga dia bahagia”.

Ya sekedar basa-basi tapi punya arti bagiku

Karena memang Tuhan tak butuh dengan kata-kataku itu.

Namun engkau waktu?

Adakah Deja vu itu?

Engkau jangan terus maju waktu,kembalikan aku ke masa lalu, yang indah itu.

Aku masih punya mimpi, aku masih punya cinta yang sanggup mengetarkan seluruh urat syarafku, memeras gelora air mataku. Kenangan itu….

Ya sebuah kenangan yang kelak akan aku buka kembali pada episode masa depanku, yang jauh itu, bersama kata yang tak pernah sanggup menggenggam bahasa jiwaku, tentang aku dan kamu.

Dan sekarang…, ya sekarang aku hidup di ini waktu.

Menggores pena bersama berjalannya sang waktu.

Dan dirimu…

Kalau aku punya hari yang indah teryata dirimu punya yang lebih dariku..

tapi kenapa dirimu tak beritahu aku..

Hhhmmm….aku tahu, dirimu sengaja tak mengabariku karena engkau kuatir aku iri denganmu, iri dengan hari bahagiamu, iri dengan hari indahmu he..he.. tapi sory ya, engkau keliru kalau berpikir begitu.

Ya daripada salah dan membuat muka merah,..ah…yang pasti engkau sengaja melupakanku,supaya ada tulisan ini untukmu. Terima kasih engkau, telah membangunkan imajinasiku. Tapi maaf ini bukan surat cinta yang sering orang tuliskan itu. Dan aku yakin engkau juga punya kata itu.

Malam !….

aku ingin bertanya kepadamu…

jangan hanya kelam dan hitam kepadaku, diam membisu dalam keheninganmu.

Adakah cinta itu abadi?

Adakah persahabatan itu sejati?

Adakah sebuah hukum alam yang mampu mengubah cinta menjadi benci?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang selalu tidak aku mengerti malam!.

Ok lah!…kalau engkau juga tak tahu,aku juga tak akan memaksamu untuk menjawab itu.

Aku cuma ingin engkau setia menemaniku, membiarkan aku termenung dengan khayalan kehiduypanku.di bawah kerlip bintang-bintang di langit sayapmu.dan jangan pergi meninggalkank, hingga datang mentari kan menjagaiku…

oh malam….kenapa tiba-tiba aku bisa melihat diriku…. sedang apakah aku diriku… kenapa ada pelaminan di situ… ya Tuhan benarkah yang aku lihat itu?…

mimpikah aku?…

sadarkah diriku?….

sungguhkah dengan yang aku saksikan itu?…

akukah yang palsu atau dia yang semu?….

tapi mengapa dengan denagn kepura-puraanmu tak melihat diriku dan menyambut kedatanganku dengan senyummu yang indah itu,”karenakah orang itu, yang sekarang duduk mesra disampingmu itu?”…….,

lihatlah malam,….. aku disini,saksikan aku,karena hanya engkau yang tahu dan peduli denganku,

Air mata ini adalah air mata kebahagianku, bahagia karena melihat dirimu bahagia, bahagia karena sekarang engkau telah menemukan separuh yang hilang dari dirimu,yang terbaik dalam kehidupanmu”.

Katakan padanya malam,

”Aku juga turut berbahagia,dan cuma bisa berkata,semoga engkau juga bahagia, baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a baina kuma fi khair”.

Padahal malam,kata-kata itu aku ingin ucapkan sendiri di depannya sambil menjabat tangan orang yang ada di dekatnya.karena aku tak mampu malam,tolong bilangkan itu padanya….

bahagia?….

apakah arti bahagia itu?….

adakah bahagia itu adalah air mata?….

ataukah mungkin pepatah ini arti bahagia?…

Kebahagian adalah menemukan seseorang untuk kau peluk saat kau menangis,berbagi perih bersamanya, dan kesedihan adalahsaat kau tertawa sendirian”.

Tapi aku perih malam……

perih kesediahan….

perih karena dalam kenyataannya tidak bisa melihat dia bahagia…

perih karena aku tak pernah ia harap untuk hadir ikut merasakan dia bahagia.

Kenapa dia begitu?…

adakah itu di sengaja?..

tapi dia baik…. tak pantas ku menyalahkannya.

Tapi siapakah?…

takdirkah?…

ngak… takdir gak salah.

Namun….

Hidup yang tak pernah dipertanyakan adalah hidup yang tak pernah layak diteruskan.

Itulah guruku Socrates yang pernah bilang….

dan me…..

Love or just hate mebut pare me with your indefference,cintai aku atau sekalian benci aku, asal jangan kau acuhkan diriku.

Toh…

Tak semua yang dapat di hitung, diperhitungkan, dan tak semua yang dapat diperhitungkan dapat di hitung.

ah… apa lagi ini…

Namun begitulah cerita hidup dan cintaku.

53 Komentar

  1. noor said,

    Agustus 20, 2009 pada 6:45 pm

    baca dr atas ke bawah … larut … hanyut ….

  2. Nyanyian Jiwa said,

    Agustus 27, 2009 pada 1:23 pm

    Sedih amat neng…. Sampe menetes air mataku… LOL.

  3. nurdia said,

    Oktober 21, 2009 pada 2:21 pm

    maybe… oneday … Tuhan akan memberikan sms ketika orang yang lebih baik menemanimu dalam kesendirian….

  4. anica sansan said,

    Desember 4, 2009 pada 12:32 pm

    aq semakin sadar,,kata2 itu bukanlah BASI biasa,,,kau menulisnya dengan begitu lembut,,,,ringan,,,dan mudah dipahami,,,
    wajib berJEMPOL2 tux generasi patah hati,.,.,.

  5. e'Queen said,

    Desember 5, 2009 pada 8:41 am

    salut,,

    kalau hati sudah tak mampu membendung rasa, goresan pena memang jadi yang utama,
    bisa melegakan jiwa,
    dan menghasilkan karya mahal dengan kejujurannya..

    akhirnya rasa yang menginspirasi para pujangga..

  6. himawan said,

    Desember 10, 2009 pada 5:24 am

    subhanallah,..
    tak bisa kutahan air mata ini ketika baca tulisan itu. andaikan aku yg mengalami hal itu, kuatkah aku,…???😥

  7. naia said,

    Desember 19, 2009 pada 7:08 am

    tuhan tahu tapi menunggu…………….hehehe

  8. itan said,

    Januari 25, 2010 pada 8:56 am

    baguss.. banggeeeeeeeeeeeeetttt

  9. liya said,

    Januari 28, 2010 pada 6:47 am

    Tuhan pasti membaca semua SMS kamu, Tuhan pasti tahu semua yang engkau pikirkan. tp tidak semua yang kau inginkan akan menjadi milikmu. karna Tuhan memberikan yang kau butuhkan, bukan yang kau inginkan. jika kau tidak bisa memiliki sesuatu, berarti itu bukan yang terbaik untukmu..
    tetaplah tersenyum dihadapan semua orang, biarkan hanya Tuhan dan hati mu yang tahu segalanya..🙂

  10. CZH said,

    Februari 6, 2010 pada 1:48 am

    duuuh”
    SAd bgt JAlan percintaan nya”

  11. luka said,

    Februari 20, 2010 pada 4:55 am

    menusuk hati

  12. kairi said,

    Februari 23, 2010 pada 1:03 pm

    cinta memang sering buat kita nangis, tapi gag pernah bikin kita nyerah…
    cinta memang sering bikin kita sakit, tapi gag pernah bikin kita kecewa…
    cinta memang sering bikin kita sedih, tapi gag pernah bikin kita nyesel…
    so…
    akku yakin, suatu hari nanti kamu pasti dapet seseorang yang sangat mencintai kamu…
    “masa depan kamu masih panjang, malah lenih indah dari masa lalu kamu, jadi never give up ya…
    semua ittu hanya ujian dari tuhan kok…
    ujjian ittulah balasan sms yang tuhan kirimin buat kamu…..
    OK…….

  13. ex said,

    Maret 19, 2010 pada 6:56 am

    tuhan menberi yang kau butuhkan bukan yang kau inginkan
    mungkin belum waktunya,mulailah menerima dan melihat yang disekelilingmu…………….

  14. ari said,

    April 26, 2010 pada 9:08 pm

    goresan luka yg trdalam adalah goresan cnt,
    diri ssorg sering brubh tnp qt sdari, q tak diriq jg mngalaminy tp ttg hari yg q tulis tk brmakna apa2,mgkinkah tuhn brkehendak laen untkq,pmgkinkn thn kn cabut rasa ini

  15. andi said,

    April 28, 2010 pada 12:35 pm

    bagus……

  16. clalita said,

    April 28, 2010 pada 4:03 pm

    hampir sama dengan kisah ku..
    hanya saja kisah ku blm kepelaminan…

    semangat buat kita yang terluka

  17. za said,

    Mei 6, 2010 pada 4:53 am

    setinggi-tingginya ungkapan cinta adalah doa…

    someone told me that….

  18. Saiful ghozi said,

    Juni 10, 2010 pada 3:45 am

    ngeri hir…………, tapi dah terbayar semua……..

  19. Agustus 1, 2010 pada 2:13 pm

    yah,, bagus kok,,

  20. Agustus 1, 2010 pada 2:15 pm

    bagus,, masuk ke hati.

  21. dio said,

    Agustus 26, 2010 pada 5:58 am

    qu hanya bisa bersedih ???

    krna dya ga memikirkan prasaan qu

  22. deden said,

    September 2, 2010 pada 3:33 am

    aq tenggelam MmbcaNya….
    skaiNg dLaM’Nya aRti Puisi It..

  23. aga gibranisme local said,

    Oktober 4, 2010 pada 5:47 pm

    adalah keindahan yang kau berikan kepadaku,,,
    pengertian akan kekuranganku,
    akan terasa lebih manis dari pada manisnya segala pujian itu………

  24. bram handojo said,

    Oktober 23, 2010 pada 3:49 pm

    Cinta bukan suatu kehampaan, tapi keniscayaan.
    Cinta bukan hanya satu keniscayaan, tapi perlu pengertian
    Cinta bukan selalu pengertian, tapi butuh pula pengorbanan
    Cinta bukan selalu pengorbanan, tapi cinta adalah kesetaraan

  25. bram handojo said,

    Oktober 23, 2010 pada 3:53 pm

    kadang aku tak mengerti,…………. apa makna hidup ini………..
    kecewa lebih sering hadir ………. dari pada rasa suka ………..
    ada saat-saat bahagia ………….. ketika kau masih ada ……..
    tapi ………. lebih sering duka melanda …….. tatkala kau tak lagi ada.

  26. billystovano said,

    November 3, 2010 pada 10:28 am

    bagus..

  27. rieyha said,

    November 19, 2010 pada 11:31 am

    sedih banged…

  28. andi jackson said,

    November 24, 2010 pada 1:27 am

    kmu nga akan pernah bisa bahagia kalau blom disakiti.semakin disakiti kmu berkali kali semakin abadi kebahagiaan yg akan kmu dapatkan.karna hanya orang orang yg tersakiti yg bisa memperlakukan seseorang dgn baik.tuhan maha adil ,,,,,,

  29. eva mustika said,

    November 28, 2010 pada 8:37 am

    uf……………..air mataku dah kering,padahal….aku rindu menangis,,,,untuk melepaskan kekecewaan di hati.

  30. Luhur said,

    Januari 19, 2011 pada 6:21 am

    ..Percayalah dan Yakinlah..Bahwa dia bukan yg terbaik untukmu..Karena Tuhan pasti akan memberikan yg lebih baik darinya..lrn didalam jiwa yg tenang ada cinta suci yg mengikutinya…

  31. indra said,

    Januari 27, 2011 pada 8:49 pm

    sama dengan kisah q sob persis q dlgtu tapi q lbh tau dia sebelum memutuskan q dia uda jalan ma cowok laen, tpi q biarkan tuk buat dia bahagia n sekarang dia uda menikah karena hamil terlebih dahulu ma cowok selingkuhannya dlu. dan sekarang q hanya bebrharap dia bisa bahagia meskipun dia melukai perasaan q. mang apa yang kita inginkan ga selalu bisa kita dapatkan. ambil ja hikmanya dari semua itu!!!!!!

  32. ropy said,

    Februari 9, 2011 pada 4:34 am

    sangat menghanyutkan,,,

  33. Pipit said,

    Februari 25, 2011 pada 5:23 am

    Cinta memang Anugerah…
    Mskpn kadang Mengecewakan atau senang krna Cinta..
    tp kita bersyukur bisa merasakan Cinta

    Semua yg kita rasakan pahit or manis nya Cinta
    adalah awal kita u/ menemukan Cinta Sejati….

    Jangan Pernah patah hati or kecewa krna Cinta
    krna kita akan merugi tdk merasakan Cinta…

  34. Noen said,

    Maret 3, 2011 pada 5:56 am

    Izin untuk mencopy nya di note Fb saya coz tulisan ini hampir mirip dengan kisah saya..Thanks.

  35. berliana said,

    April 6, 2011 pada 7:08 am

    sangat mengerikan disaat hati kita berlabu dalam hati orang lain,namun cinta tak selamanya mengaliri air mata

  36. berliana said,

    April 6, 2011 pada 7:08 am

    sangat menyedihkan

  37. Rizki said,

    Mei 9, 2011 pada 2:07 am

    merindiiinnggg pngen nangis,,,tpi malu sma sekeliling,,,jadi bacanya di kosan aja sendirian…hehehehe

  38. chaca said,

    Agustus 17, 2011 pada 7:47 am

    . haduuhh .. !! pengen nangis dech jadi . aa

    tapi kita gg boleh nangis untuk ssorang yg kita sayang .
    mungkin itu hal yang terbaik ,, yang di berikan tuhan untuk kita
    tinggal kita nya gimana ??
    ataukah diam sendiri menggu dia yg tagk pasti kapan kembali
    ataukah kita mencari dia yg tak pasti dia mnerima kita ..

  39. FADIL said,

    September 4, 2011 pada 3:12 pm

    Bru sya dengar kata kata yg d atas ,,, sampe2 aku tak bisa bicara lgi,,,mantapppp…

  40. Lovien Myson Dilaga said,

    November 11, 2011 pada 10:39 pm

    kenapa disaat aku lagi rasain hal yang sama aku temuin TULISAN SIALAN ini….. aku mau tanya dimana arti kekuatan cinta, ga tau aku harus berbuat apa, mestikah aku jiplak habis tulisan ini… trus aku kirim untuknya.. biar GAGAL hari itu….(yang akan dia lansungkan)

    tapi dah aku cari2 ga ketemu juga dimana Alamat Tuhan aku poskan jiplakan surat ini.
    pada angiin….?????? apa angin juga masih mau sampaiin semua keluhanku…. Plesae Help me…. masih adakan kekuatan cinta di mata TUHAN….

  41. Tiara said,

    Desember 18, 2011 pada 9:13 am

    sedih ceritanya , tapi bermanfaat🙂

  42. Tiara said,

    Desember 18, 2011 pada 9:14 am

    pingin nangis baca nya

  43. dira said,

    November 9, 2012 pada 3:14 pm

    bikin inget……

  44. jezrahman said,

    Juni 9, 2013 pada 4:14 am

    iya benar, jangan sampai salahin takdir.. takdir selalu berjalan dengan baik.

  45. schatz mmh viqy said,

    Juli 26, 2013 pada 2:21 am

    gua acuin jempol deh buat penulis nya, bagus bnget nih cerita nya, bikin gua sedih broo. :”)

  46. bumirestu said,

    Januari 25, 2014 pada 4:38 am

    alhamdulilah dapat motivasi buat bangkit dari keterpurukan dari berbagai komentar. ma kasih ya para sahabat

  47. ishaq poloZ said,

    Februari 17, 2014 pada 5:40 am

    sedih a pang :3

  48. inos said,

    Juli 10, 2014 pada 9:28 am

    Aku juga alami hal yang sama. 3 hari lamanya aku mondar-mandir di sekitar halaman rumahnya tanpa dia tahu. Aku punya feeling kuat itu hari bahagianya, bersama pria lain. Tapi aku tak bisa bertemu. Itu sebuah acara tertutup. Kegelisahan bertahun2 akhirnya kini telah sirna beberapa hari lalu sebab genap 9 tahun aku berjanji ketika kami masih pacaran di SMA. Kini aku tak ada beban lagi untuk move on. Yuk, semua yang pernah alami semua itu, bangkit dan jadi pemenang mulai dari dirimu sendiri. Sosok pengganti mungkin tak sesuai harapan kita. Mungkin si dia yang dulu lah yang sesuai dengan semua kriteria yang kita punya. Namun perkataan calon mertua meyakinkanku, “Mencari yang ini itu ini itu, kriteria kriteria, alasan2 tidak cocok, tidak klik; itu semua membuang2 waktu. Serahkan pada Tuhan, jalani dengan percaya, nantik Tuhan yang akan menge’klik’kan.”

  49. Januari 13, 2015 pada 11:51 am

    sg sbr nggeh

  50. lovegita said,

    Februari 2, 2015 pada 4:03 pm

    kisahnya sedih Tapi lucu..hehee..dasar ya!

  51. Februari 9, 2015 pada 6:35 am

    Kisahnya menarik, keren yaa🙂

  52. November 11, 2015 pada 7:21 pm

    Sedih bngt bacanya,, setiap orang punya k hidupan berbeda” aku juga pernh ko ngalamin hal yg sama, tapi ketahuilah tuhan tidak akan menguji umatnya di luar batas kmampuan umatnya, tetap optimis ya

  53. krinsports said,

    Oktober 19, 2016 pada 12:32 am

    Someday, we’ll run into each other again, I know it.
    Maybe I’ll be older and smarter and just plain better. If that happens,
    that’s when I’ll deserve you. But now, at this moment, you can’t hook
    your boat to mine, because I’m liable to sink us both. KrinSports


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: